Khasiat Purba Seabuckthorn

Khasiat Seabuckthorn


Seabuckthorn merupakan salah satu tumbuhan tertua di bumi ini, berusia lebih dari 200 juta tahun, lebih tua dibandingkan dengan ginkgo-biloba (kira-kira 100 juta tahun), tumbuhan pakis (kira-kira 180 juta tahun).

Khasiat dari minyak & tumbuhan Seabuckthorn ini sudah ada sejak 8 abad yang lalu, dan banyak orang Tibet dan Mongolia yang sudah mengetahui khasiat dan kegunaan dari tumbuhan yang berharga ini bagi kesehatan.
Disebut sebagai “Buah Suci” oleh suku Mongolia dan suku Tibet, yang juga merupakan obat tradisional Tibet, “Buah Suci”. 

Sea Buckthorn adalah tanaman "purba" yang hanya bisa tumbuh optimal di dataran tinggi "Mongolia Dalam" agar bisa menghasilkan varietas yang unggul. ada yang menanam di negara lain tapi varietasnya tidak seunggul tempat aslinya. karena itu ada berbagai grade/ level sea buckthorn.
Sebab dataran tinggi "Mongolia Dalam", terhubung pada zona transisi yang paling dekat ke benua Eurasia yang berdasarkan sejarah dulu merupakan tempat tinggal dinosaurus pada zaman kapur, sehingga sea buckthorn yang tumbuh ditanah ini adalah varietas unggul.





Sea buckthorn diperkenalkan ke Amerika Utara oleh imigran Rusia pada awal abad ke-20 sewaktu semak-semak dari Siberia dibawa ke Kanada serta Amerika Serikat untuk dibudidayakan. Banyak negara sekarang membudidayakan semak itu sebagai tanaman pangan serta tanaman obat yang penting
sea buckthorn sejenis semak atau pohon kecil yang sarat dengan buah beri kecil seperti manik-manik berwarna jingga terang. Buah-buah beri itu tidak membentuk tandan tetapi tumbuh di setiap cabang serta ranting, seolah-olah menyelimutinya dengan lapisan warna yang menarik.

Buah beri tersebut bisa dimakan, tetapi berhati-hatilah terhadap duri-duri yang tajam ketika memetiknya! Anda harus memetiknya satu per satu dengan hati-hati agar tidak pecah. 
Karena cocok dengan iklim dingin, sea buckthorn kerap ditemukan di daerah pegunungan dari Eropa bagian barat laut sampai Pegunungan Altai di Asia Tengah, juga di Cina bagian barat serta utara dan di Pegunungan Himalaya bagian utara. Selama berabad-abad, buahnya sangat digemari di daerah seperti Cina, Rusia, dan Tibet

Tumbuhan Seabuckthorn diketahui mengandung paling sedikit 190 jenis kandungan bioaktif, dan paling sedikit ada 160 jenis kandungan bioaktif yang terkandung didalam minyak Seabuckthorn.
Minyak seabuckthorn ini mengandung sejumlah vitamin E seperti minyak gandum, 9 x lebih banyak dari minyak jagung dan 35 x kali lebih banyak dari minyak kacang kedelai. Sebagai tambahan, lebih dari 90% asam lemak yang terkandung didalam minyak.
Minyak Seabuckthorn juga kaya akan Omega-3, Omega-6 dan Omega-9. dan tambahan kandungan lainnya seperti antioksidan dan nutrisi lainnya. Minyak Seabuckthorn juga kaya akan nutrisi untuk pigmentasi yang pada umunya terdapat pada buah2, dan penelitian membuktikan bahwa nutrisi tersebut dapat mencegah berbagai masalah gangguan kesehatan. Dan juga berguna untuk menjaga kestabilan tekan darah dan kolestrol yang ada didalam tubuh kita.


aneka produk herbal (suplemen, health & beauty care dll) yang bisa di hasilkan dari bahan baku tanaman purba dari mongolia ini : seabackthorn 
Buah beri sea buckthorn mengandung, antara lain, vitamin C dan E, asam folat, karotenoid, asam lemak, dan flavonoid. Riset medis baru-baru ini telah meneliti berbagai pendapat tentang manfaat sea buckthorn dalam terapi kanker, juga dalam mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dan mengobati infeksi pada lambung serta usus, gangguan kulit, dan penyakit liver. Buahnya juga bisa diolah menjadi minuman asam yang menyegarkan dan digunakan sebagai tonik untuk beragam penyakit.

Bagian yang paling bernilai dari beri sea buckthorn adalah biji hitamnya yang kecil. Minyak dalam biji ini mengandung sebagian besar nutrisi yang ada dalam beri tersebut. Beberapa penelitian memperlihatkan bahwa minyak sea buckthorn turut memperkuat sistem kekebalan. Selain itu, produk kosmetik dan perawatan kulit memanfaatkan minyaknya karena dianggap dapat meremajakan kulit

Siapa Yang Dianjurkan Mengkonsumsi Seabuckthorn ?
  1.  Bagi kelompok orang yang bertubuh lemah, daya imunitas menurun, dan mudah terserang flu.
  2.  Bagi penderita hiperlipidemia dan penyakit pembuluh darah jantung.
  3. Bagi mereka yang sering mengkonsumi makanan berlemak tinggi.
  4. Bagi mereka yang mempunyai fungsi liver tak baik.
  5.  Bagi mereka yang sibuk bekerja dan makan tak teratur.
  6. Bagi penderita saluran pencernaan kronis.
  7. Bagi kelompok berusia 40 tahun ke atas.
  8. Bagi mereka yang menggunakan komputer, telpon genggam, dan berbagai peralatan gelombang-mikro untuk jangka waktu lama.


Sea buckthorn mendapat banyak perhatian dari PBB dan pemerintah Mongolia.
Sea Buckthorn bisa di aplikasikan dalam beragam bentuk mulai dari suplemen hingga kosmetik.
Sea buckthorn diburu oleh negara-negara adidaya, karena kandunganya yang luar biasa & sedang menjadi bahan pembicaraan medis diberbagai belahan dunia, bahkan dr OZ menyebutnya sebagai "New Miracle Berry.

Terimakasih PT ABE & Abenetwork Community
Terimakasih pak Bayu Kuswara Hartono 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

ESWL ( Extracorporeal shock wave lithotripsy )

Pap smear Sebagai deteksi dini kanker servik

KODE POS PURWAKARTA

Cara Kerja FIFORLIF : Menyerap, Mengikat, Membuang toxin & memberi nutrisi

Kesuksesan Diri