Cara Memulai Bisnis Online

Cara Bisnis Online 

Tips Memulai Bisnis Online

Memulai bisnis online saat ini memang menjadi pilihan banyak orang dalam mendapatkan uang. 
Selain bekerja, mereka juga memulai bisnis online untuk usaha sampingan.

Apa saja yang harus disiapkan ketika akan memulai bisnis online

1. Keinginan dan tindakan 

Hal pertama tentu saja harus ada kemauan, pastikan anda punya keyakinan dan keinginan kuat untuk mulai melangkah ke bisnis online, jangan sampai hanya semangat diawal kesananya jadi males-malesan. 

Namun jangan cuma ada keinginan tapi tidak dilakukan, lakukan segera dan semangatlah.

2. Siapkan Modal

Bisnis apapun menurut saya memerlukan modal, begitupun bisnis online. 

Walaupun sekarang sudah banyak layanan membuat blog dan web gratis seperti misalnya di blogger.com, webs.com, wordpress.com, dll tapi setidaknya kita memerlukan koneksi internet dan juga alat koneksinya seperti laptop atau gadget.

3. Tentukan jenis bisnis onlinenya

Saya sangat menyarankan untuk langsung memfokuskan pada satu bisnis online. Model bisnis online ada banyak nih, dan harus belajar juga dari ahlinya biar tidak bingung dari awal.

4. Tentukan media promosi

Kalau sudah memilih bisnis online apa yang akan diambil, saatnya menentukan media online apa yang akan digunakan untuk promosi. Pada awal memulai bisnis online, promosinya sebaiknya fokus pada satu media dulu sampai benar-benar dikuasai, misalnya media promosinya melalui BBM (blackberry messenger), melalui facebook, beriklan melalui google adwords, menggunakan blog, dll.

5. Analisis

Ini merupakan salah satu hal paling penting. Analisis setiap promosi, pendapatan, jumlah pengunjung, dan lain sebagainya. Menganalisis target konsumen/klien adalah hal paling penting, kita harus mampu menganalisis dimana target pasar kita, sehingga kita bisa mengetahui siapa saja dan dimana kita bisa melakukan promosi, jangan sampai promosi anda dianggap sampah karena anda salah dalam menentukan tempat promosi atau target pasar anda. 

Selalu buat pembukuan untuk menganalisis pengeluaran dan pemasukan anda. Untuk anda yang berbisnis online melalui web atau blog anda bisa menggunakan alat seperti google analytics, histats, amoung us, dll untuk mengetahui seberapa banyak pengunjung web perhari dan darimana saja pengunjung anda berasal.

6. Tentukan Target atau tujuan

Tips terkahir untuk memulai bisnis online adalah menetukan target atau menentukan tujuan. 
Tentukan target anda, misalnya bulan pertama anda berbisnis online anda harus mampu menjual 3 produk atau misalnya dalam bulan pertama harus mampu membuat web. 
Tentukan juga target untuk bulan-bulan selanjutnya, misalnya tiga bulan kemudian anda harus mampu menjual 3 produk perminggu, begitupun seterusnya. 
Perlu diingat kondisikan setiap target dengan kemampuan anda, jangan terlalu muluk dan yang terpenting harus rasional. Jangan sampai target yang dibuat justru malah menjadi beban bagi anda. 

Saran : Jangan mudah menyerah ketika gagal atau belum mendapatkan banyak klien. Saat Anda mulai berbisnis, apalagi tanpa modal, maka prosesnya tak bisa instan. Perlu kerja keras dan kegigihan agar Keuntungan yang didapat bisa mencapai puluhan kali lipat.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

ESWL ( Extracorporeal shock wave lithotripsy )

Khasiat Purba Seabuckthorn

Pap smear Sebagai deteksi dini kanker servik

KODE POS PURWAKARTA

Cara Kerja FIFORLIF : Menyerap, Mengikat, Membuang toxin & memberi nutrisi

Kesuksesan Diri